Kamis, 06 Januari 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KERUNTUHAN LERENG TIMBUNAN

Stabilitas lereng timbunan sangat dipengaruhi oleh tegangan geser dan kuat geser tanah yang bekerja pada lereng timbunan. Di bawah ini merupakan faktor - faktor yang menyebabkan keruntuhan lereng timbunan.

Faktor Penyebab Meningkatnya Tegangan Geser yang Bekerja pada Lereng Timbunan
Secara umum, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan tegangan geser: 
  1. Hilangnya penahan lateral: erosi; penyesuaian sudut lereng akibat longsoran yang terjadi beberapa waktu sebelumnya; tindakan manusia berupa penggalian; bergeraknya tembok penahan tanah atau dinding penahan tanah; pengeringan danau atau draw - down suatu reservoir. 
  2. Hilangnya penahan pada bagian bawah: erosi bagian bawah tebing oleh air sungai; melapuknya lapisan tanah/batuan yang terletak pada bagian bawah; erosi pada material berbutir yang terletak di bawah lapisan keras/padat; tindakan manusia berupa penggalian atau pemotongan kaki lereng; lapisan lemah terletak di bawah lapisan keras, misalkan serpih terletak di bawah batu gamping. 
  3. Pembebanan (surcharge): pembebanan alamiah (genangan air yang berasal dari hujan, mata air, rembesan, dll; akumulasi talus di atas lereng) dan tindakan manusia (konstruksi timbunan; berat gedung, beban kereta api, atau bangunan lainnya; berat air dalam kolom, sawah, reservoir, dll).
  4. Tegangan akibat gempa atau getaran lainnya. Gempa bumi dapat memacu bencana longsoran baik longsoran kecil maupun longsoran besar. Pengaruh gempa adalah kompleks dimana dapat meningkatkan tegangan gesernya dan di lain pihak menurunkan kuat gesernya. Percepatan horizontal yang dihasilkan oleh gempa dapat merubah kondisi tegangan - tegangan material lereng. Disamping itu, getaran yang berasal dari ledakan pemancangan, lalu lintas, dll dapat pula mengakibatkan naiknya tegangan geser tanah suatu lereng. 
  5. Tekanan lateral baik akibat air yang masuk lewat retakan/kekar/rongga maupun pengembangan (swelling).

Faktor Penyebab Menurunnya Kuat Geser Pada Lereng Timbunan
Faktor-faktor yang menyebabkan turunnya kuat geser pada lereng timbunan dapat dibagi dalam 4 kelompok: 
  • Sifat bawaannya (komposisi tanah, struktur tanah, stratifikasi tanah) 
  • Perubahan iklim dan phisiokimia (proses pengeringan dan pemasahan; hidrasi) 
  • Perubahan gaya - gaya antara butir akibat tekanan air pori 
  • Perubahan struktur tanah: penurunan tegangan dan degredasi struktur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar